an amateur writer who never stop writing

Friday, November 9, 2012

"Tanah Lor” Kreatifitas Media Pot Tanah Liat dengan Hiasan Cangkang Telor

Kreativitas Pot Tanah Liat

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

            Indonesia merupakan salah satu negara yang sangat dikenal dengan sektor agrarianya, tidaklah heran jikalau negara ini disebut sebagai negara agraris. Berdasarkan data pusat statistik beberapa tahun belakangan ini menunjukkan bahwa sektor agraria masih menjadi salah satu sektor dengan peringkat tertinggi bagi masyarakat negara Indonesia, yang dijadikan sebagai mata pencaharian sehari-hari untuk menafkahkan kehidupan keluarganya. Selain sumber daya manusia yang melimpah, sumber daya alam negeri ini sangatlah potensial untuk ditanami berbagai macam tanaman produk pertanian seperti padi, jagung, hingga kakao sebagai bahan pembuat cokelat.
Selain itu Negara ini juga banyak dihidupi oleh berbagai macam hewan ternak yang memproduksi hasil peternakan mulai dari produk berupa telur ayam hingga daging sapi. Hal ini sangat didukung dengan iklim yang ada di Indonesia yang memiliki iklim Tropis sehingga hampir seluruh lahan yang ada di Negara ini dapat ditanami dengan tanaman-tanaman pertanian serta kecukupan akan sinar matahari yang tidak berlebihan membuat Negara ini menjadi Negara idaman yang memiliki kekayaan alam yang sangat melimpah ruah. Bahkan beberapa tahun belakangan ini Indonesia menjadi Negara pengekspor tanaman kelapa sawit dan pengekspor biji kakao terbesar di dunia.
Hal ini tentunya akan memunculkan berbagai dampak positif bagi negara kita. Salah satu diantaranya adalah dengan memproduksi berbagai macam komoditi pertanian, setidaknya negara kita dapat memenuhi sebagian keperluan pangan penduduk Indonesia, selain itu kegiatan ekspor produk pertanian seperti kakao, hingga kelapa sawit tentunya akan menambah pemasukan negara kita. Dampak positif lainnya yakni material bekas komoditi pertanian dapat kita gunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan barang-barang baru yang memiliki nilai kreatifitas dan nilai tambah agar dapat laku dijual kembali di pasaran. Salah satu dintaranya adalah kulit telur ayam.Telur ayam sangat digemari oleh seluruh masyarakat Indonesia, bukan suatu hal yang tabuh jika konsumsi telur ayam masyarakat Indonesia sangat banyak. Hal tersebut menyebabkan kulit telur banyak yang tidak terpakai, untuk itu kelompok kami akan membuat barang dari material bekas produk pertanian berupa kulit telur untuk dijadikan sebagai hiasan dari berbagai macam barang yang dapat dihias yang dalam hal ini adalah pot tanaman dari bahan tanah liat.
Besar harapan bahwa ide-ide ini dapat dijadikan sebagai masukan bagi industry produk kreatif untuk mengembangkan produk ini agar memiliki nilai jual yang tinggi sehingga membantu menambah pendapatan Negara hingga membuka lapangan pekerjaan baru.

B. Tujuan      
Pembuatan makalah ini bertujuan untuk         :
1.      Memenuhi tugas praktikum mata kuliah Kewirausahaan.
2.      Membuat produk kreatif dengan memanfaatkan barang ataupun material bekas komoditi pertanian berupa kulit telur.
3.      Menambah keahlian untuk membuat produk kreatif dan memanfaatkan limbah material bekas komoditi pertanian berupa kulit telur.
BAB 2
PEMBAHASAN
1.      Deskripsi Barang
Tanah Lor adalah singkatan dari tanah pot dari cangkang telor. Tanah pot yang dimaksudkan adalah pot aneka ukuran yang dibuat dari bahan tanah liat. Sedangkan cangkang telor yang dimaksudkan adalah limbah rumah tangga maupun industri yang sudah tidak memiliki nilai guna. Produk ini merupakan salah satu bentuk olahan limbah pertanian tetapi masih bisa mempunyai nilai ekonomi.
Berkat kreativitas yang tinggi menjadikan Tanah Lor memiliki nilai jual. Tanah Lor ini berupa pot tanah liat dihiasi dengan limbah cangkang telor yang telah dipecahkan menjadi bagian-bagian kecil dan ditempelkan pada permukaan luar pot. Kemudian pot diberi sentuhan warna agar menjadi semenarik mungkin. Sehingga Tanah Lor yang awalnya hanya berupa pot tanah liat biasa menjadi pot hias cantik yang menambah nilai jual pada produk ini.
Produk pot hias Tanah Lor dapat digunakan sebagai wadah untuk menanam bunga ataupun tanbulampot (tanaman buah dalam pot). Selain itu, Tanah Lor yang berukuran kecil dapat ditanami dengan bunga dan diletakan sebagai penghias meja. Bentuk tanaman di dalam pot akan menjadi lebih indah dengan paduan Tanah Lor. Produk ini akan banyak disukai oleh para pencinta tanaman karena menjadi pot yang tidak biasa. Tanah Lor ditawarkan bagi siapa saja yang menyukai aktivitas tanam-menanam dan memiliki apresiasi yang tinggi terhadap seni dan lingkungan.
2.      Alat dan Bahan
Berikut ini adalah alat dan bahan yang digunakan untuk membuat Tanah Lor :
·         Alat : gunting, pot tanah liat, kuas
·         Bahan : cangkang telor, lem, cat air, kertas warna, pylox, tembakau
3.      Proses Pembuatan
Proses yang dilakukan untuk membuat Tanah Lor :
·         Pertama siapkan pot tanah liat.
·         Pecahkan cangkang telor menjadi ukuran yang kecil.
·         Gambar pola yang menarik pada permukaan pot.
·         Tempelkan cangkang telor pada permukaan pot dengan menggunakan lem, membentuk pola yang telah digambar.
·         Berikan warna sesuai selera agar pot semakin menarik.
·         Tanah Lor dengan bentuk dan warna yang cantik siap digunakan.
4.      Harga
Untuk membuat satu Tanah Lor membutuhkan biaya bervariasi tergantung ukuran pot yang digunakan. Rata-rata berkisar antara Rp15.000 – Rp45.000.Tanah Lor yang kami buat mengeluarkan dana sebesarRp21.000.
Rinciannya adalah sebagai berikut :
7 Pot ukuran sedang @Rp15.000                        : Rp105.000
Pylox                                                                    : Rp15.000
Kertas warna                                                        : Rp5.000
Cat air                                                                  : Rp15.000
Lem                                                                      : Rp5.000
Total                                                                     : Rp145.000
Harga per unit = Rp145.000 : 7 = Rp21.000,-
5.      Manfaat
Tanah Lor ini digunakan sebagai media tanam yang memiliki nilai seni lebih dibandingkan dengan pot biasa. Manfaat yang dapat dirasakan adalah memberikan nilai estetika pada pot tanah liat. Tanah Lor dapat menjadi penghias meja kerja, penghias rumah, ataupun untuk dekorasi yang bertema tanaman hias.

BAB 3
PENUTUPAN
A. Kesimpulan
Kita dapat memanfaatkan material bekas komoditi pertanian berupa kulit telor untuk dijadikan sebagai produk yang memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Hal tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan kulit telor sebagai hiasan di sekeliling pot tanah liat. Selain menarik, produk Tanah Lor ini dapat mempercantik halaman ataupun interior rumah. Tujuan utama dari pembuatan produk ini adalah memberikan nilai tambah ekonomi.
B.Kritik dan Saran
Untuk ukuran sebuat pot tanah liat, Tanah Lor ini tergolong sedikit mahal. Akan tetapi nilai estetika dan seni yang ada dalam produk ini membuatnya akan tetap laku di pasar. Harapan ke depannya hiasan dari cangkang telor ini tidak hanya menggunakan media pot, tetapi bisa lebih bervariasi.

0 komentar:

Post a Comment

Popular Posts

About Me

My photo
-Sarjana Ekonomi, FEM-IPB 2010 -Management Bussiness Institut Pertanian Bogor (MB-IPB) 2014 -Magister Management Universitas Indonesia (MMUI) 2014 Batch 2